CARA MENGATASI HP ANDROID YANG MULAI LEMMOT, TERLALU LAMBAT DAN SERING DIPAKAI - AnamOnline
Bookmark

CARA MENGATASI HP ANDROID YANG MULAI LEMMOT, TERLALU LAMBAT DAN SERING DIPAKAI

Dikenal sebagai sistem operasi yang handal dan bersahabat serta menyediakan playsstore sehingga kita bisa dengan leluasa mengunduh dan menginstal berbagai aplikasi secara gratis mulai dari game hingga aplikasi pendukung ponsel itu sendiri.

HP dengan OS Android mau tidak mau menjadi HP pilihan kita semua karena memang hampir semuanya menggunakan OS ini. Mungkin hanya HP jadul saja atau Nokia yang menggunakan Sistem Operasi Windows Phone.

Banyaknya aplikasi yang kita unduh memungkinkan untuk selalu diupdate sehingga HP Android anda harus terhubung dengan internet. Inilah salah satu penyebab HP android anda menjadi lambat, ditambah Prosessor, RAM serta memory penyimpanan yang terbilang pas-pasan.

Makanya anda harus memilih smartphone Android yang baik dan berkualitas. Kalau sudah begitu, apa yang harus dilakukan? Berkut Cara mempercepat HP Android Yang mulai lambat.


1. Jangan Instal Aplikasi Tidak Perlu

Yang pertama yakni dari diri kitanya sendiri yang selalu gatal untuk mendowload aplikasi yang ditawarkan.

Misalnya yang sering menjadi kesalahan yakni menginstal antivirus lebih dari dua, Mungkin salah satunya anda, sementara antivirus cukup satus aja karena semuanya memiliki fungsi yang sama yakni untuk melindungi ponsel anda dari serangan virus.

Aplikasi lainnya yakni Game, Anda mungkin melihat judul game menarik dengan gendre yang disukai, tapi ternyata setelah anda instal paling cuma dimainkan beberapa kali saja karena ternyata game nya membosankan. Ujung-ujungnya  game menjadi tidak ada gunanya dan tetap disimpan di ponsel anda.

Aplikasi kamera yang yang selalu menarik untuk dicoba, bahkan bisa jadi anda memiliki beberapa aplikasi kamera di ponsel anda, padahal anda hanya perlu menggunakan 1 aplikasi kamera saja karena itu yang sering digunakan.

Aplikasi Media Sosial dan Chat, jangan ditanya lagi berapa aplikasi yang sobat instal untuk jenis ini? dan yang sering digunakan?

Nah aplikasi diatas sebaiknya menjadi pertimbangan, jika tidak ada kegunaannya sebaiknya jangan di instal karena akan memperlambat kinerna HP Android anda. Jika sudah terlanjur di instal,sebaiknya hapus saja.

2. Matikan Aplikasi Yang Lagi ON

Sudah menjadi kebiasaan bagi kita pengguna HP Android ketika sudah menggunakan sebuah aplikasi kita selalu ingin menutupnya dengan cepat, padahal anda tau kalau hal ini ternyata belum sepenuhnya Aplikasi HP Android anda berhenti.

Cara mengeceknya cukup mudah yakni dengan menekan tombol back.

atau anda bisa menggunakan aplikasi bantuan untuk mengetahui aplikasi mana saja yang sedang berjalan di backround dan cara mengenhentikannya dengan cepat, anda bisa menginstal aplikasi Task Killer untuk memudahkan prosesnya.

3. Gunakan Memory Eksternal

HP Android tidak semuanya memiliki memory internal yang besar,apalagi untuk ponsel untuk kelas menengah kebawah yang rata-rata disediakan 4GB saja. 4 GB pun tidak semuanya tersedia, sebagian sudah terisi oleh aplikasi bawaan.

Sementara memory Eksternal tidak disediakan. Nah oleh sebab itu sebaiknya anda tambahkan memory Eksternal untuk menambah kapasitas. Gunakan microSD ini untuk menyimpan file-file penting anda seperti foto, video,s erta aplikasi game.

lebih baik semua file tersebut dialokasikan di memory eskternal, smentara memory Internal khusus untuk aplikasi bawaan saja. Ini akan tetap membantu mempertahankan kecepatan HP Android Anda.

4. Rutin Membersihkan Cache

Anda sering membuka aplikasi android serta melakukan browsing dan lain sebagainya, maka saat itu juga ponsel anda akan merekam history aktifitas anda, inilah yang dilakukan oleh Log Cache.

Semakin sering anda melakukan aktifitas dengan HP Android maka semakin besar Cahce sehingga kinerja HP Android anda menjadi semakin lambat.

Kasus seperti ini masih jarang dimengerti oleh orang awam, oleh sebab itu perlunya membersihkan Cache secara rutin akan membantu mempercepat HP Android anda yang muali lambat.

Caranya cukup mudah, anda tinggal masuk ke pengaturan, kemudian lihat bagian penyimpanan/kapasitas memory, maka disana ada tulisan kapasitas Chache, tinggal di Klik dan bersihkan. Atau anda bisa menggunakan aplikasi seperri Cache Cleaner, ini justru lebih cepat karena sekali klik. Lakukan hal ini secara rutin.

5. Rutin Update Firmware4. Rutin Membersihkan Cache

Anda sering membuka aplikasi android serta melakukan browsing dan lain sebagainya, maka saat itu juga ponsel anda akan merekam history aktifitas anda, inilah yang dilakukan oleh Log Cache. Semakin sering anda melakukan aktifitas dengan HP Android maka semakin besar Cahce sehingga kinerja HP Android anda menjadi semakin lambat.

Kasus seperti ini masih jarang dimengerti oleh orang awam, oleh sebab itu perlunya membersihkan Cache secara rutin akan membantu mempercepat HP Android anda yang muali lambat.

Caranya cukup mudah, anda tinggal masuk ke pengaturan, kemudian lihat bagian penyimpanan/kapasitas memory, maka disana ada tulisan kapasitas Chache, tinggal di Klik dan bersihkan. Atau anda bisa menggunakan aplikasi seperri Cache Cleaner, ini justru lebih cepat karena sekali klik.

Lakukan hal ini secara rutin.

6. Restart HP Android

jengkel sekali jika ketika kita akan menjalankan aplikasi di HP android tiba-tiba ponsel menjadi macet atau timbul Lag. Kalau sudah demikian cara yang paling ampuh adalah menekan tombo restart secara lama sampai ponsel benar-benar mati, kemudian hidupkan kembali. Maka akan kembali nirmal lagi.

7. Reset HP Android

Ini adalah langkah terakhir yang bisa anda lakukan yakni me reset HP android anda. Ibaratnya HP yang sudah digunakan cukup lama makan akan menyimpan banyak beban baik dari sampah atau cache dan lain sebagainya.

Langkah reset dikatakan langkah terakhir karena otomatis akan membuat HP Android anda seperti kembali ke sedia kala pada saat masih baru. Namun harus diingat, jika langkah ini dilakukan maka semua data yang anda simpan seperti foto, video, no HP dan lain sebagainya akan hilang. Maka sebelumnya anda harus mem back up semua data tersebut agar tidak hilang.